KSP Kopdit Sehati Ba'a

Pendidikan Anggota

Pendidikan untuk memotivasi dan memberikan pemahaman kepada anggota dan/atau calon anggota terkait perkoperasian dan hak-kewajiban anggota koperasi. Selain itu pendidikan motivasi juga bertujuan untuk mengenalkan sejarah, visi-misi, serta produk dan layanan KSP Kopdit Sehati Ba’a

Pendidikan motivasi dilakukan secara terjadwal dan tidak terjadwal.

Pendidikan Dasar dalam gerakan koperasi kredit adalah program kegiatan fundamental. Pendidikan dasar perkoperasian atau yang juga sering disebut kursus dasar koperasi (KDK), menjadi semacam pendidikan wajib yang diupayakan bisa menjangkau sebanyak-banyaknya anggota kopdit. Pendidikan Dasar KSP Kopdit Sehati Ba’a bertujuan untuk menanamkan prinsip-prinsip, nilai-nilai dan jati diri kopdit, pendidikan ini juga diharapkan dapat membentuk insan-insan kopdit di masyarakat. Kursus Dasar atau Pendidikan Dasar KSP Kopdit Sehati Ba’a merupakan upaya untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan kepribadian anggota dalam memahami tentang pengelolaan koperasi kredit.

 

Financial Literacy adalah kemampuan untuk memahami dan menerapkan berbagai keterampilan keuangan, seperti manajemen tabungan pribadi, membuat penganggaran, investasi dan emergency fund. Pendidikan Financial Literacy KSP Kopdit Sehati Ba’a bertujuan supaya setiap anggota memiliki perencanaan keuangan keluarga agar kondisi finansialnya tetap stabil atau tidak fluktuatif. Manfaat utama dari literasi finansial adalah menumbuhkan kesadaran pada anggota untuk membuat keputusan keuangan yang cerdas, meningkatkan keterampilan seperti cara mengelola uang secara efektif, pembentukan anggaran yang baik, mengendalikan tabungan dan pembiayaan, investasi serta pembentukan emergency fund.

Kewirausahaan diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan aktivitas wirausaha. Wirausaha menurut KBBI sendiri adalah orang yang memiliki kecerdikan dalam mengenali inovasi produk baru, cara produksi baru, aspek operasional untuk produk baru, serta mengatur pemasaran dan pendanaan produk tersebut. Dengan begitu, wirausaha dapat diartikan sebagai suatu aktivitas dalam mengelola proses bisnis dari produk baru baik itu dari segi proses produksi, pemasaran, hingga pendanaan.

KSP Kopdit Sehati Ba’a memberikan perhatian bagi perkembangan ekonomi anggota dalam proses mewujudkan kesejahteraan dengan cara memberikan pelatihan kewirausahaan. Dalam pemberian pelatihan kewirausahaan, KSP Kopdit Sehati Ba’a tidak melakukannya sendiri, tetapi bekerjasama dengan pihak-pihak yang berkompeten baik itu dari akademisi maupun praktisi, agar pelatihan yang diberikan tepat sasaran dan bermanfaat untuk anggota.

 

Koperasi sebagai salah satu badan usaha tidak lepas dari tuntutan untuk menyelenggarakan pengelolaan organisasi secara profesional dengan SDM yang kompeten. Pengurus sebagai salah satu organ penting koperasi, diberikan pelatihan yang berhubungan dengan kompetensi. KSP Kopdit Sehati Ba’a memberikan pelatihan Kompetensi Pengurus berkaitan dengan pemahaman tentang aturan-aturan hukum pengurusan serta kelembagaan koperasi, pemahaman tentang penyusunan renstra, rencana program kerja, rencana anggaran pendapatan dan biaya, pengelolaan simpanan, pembiayaan, modal sendiri hingga modal penyertaan. Pelatihan ini juga bukan hanya kepada Pengurus yang sedang menjabat tetapi juga kepada kader-kader anggota agar keberlangsungan regenerasi dapat berjalan dengan baik.

 

Manajemen dalam koperasi memiliki peranan yang sangat penting dalam pengelolaan pada setiap bidang-bidang koperasi, pengelolaan koperasi yang baik dan tidak lepas dari kecakapan dan profesionalitas SDM agar pengelolaan koperasi bisa berjalan lebih efektif dan efisien dengan cara memanfaatkan seluruh sumber daya koperasi sebagai ekonomi dengan memperhatikan lingkungan organisasi guna mencapai tujuan yang berdasarkan prinsip-prinsip koperasi. KSP Kopdit Sehati Ba’a selalu melakukan pembekalan dan pelatihan bagi setiap staff manajemen agar pelaksanaan kegiatan KSP Kopdit Sehati Ba’a dapat terlaksana dengan maksimal, efektif, dan efisien dalam memberikan pelayanan kepada seluruh anggota. Kecakapan-kecakapan yang perlu selalu dilatih diantaranya dibidang operasional, keuangan, dan pemasaran. Manajemen koperasi merupakan salah satu aspek yang akan memusatkan perhatiannya pada pengelolaan variabel-variabel kunci yang menentukan tercapainya:

  • efisiensi dan efektivitas kegiatan utama koperasi secara optimal;
  • manajemen keuangan koperasi memiliki pusat perhatian terhadap pengelolaan berbagai macam sumber keuangan; dan
  • pemasaran dengan berbagai metode agar keberlangusngan usaha dapat terus berjalan.

Pelayanan KSP Kopdit Sehati Ba’a bukan hanya dibidang keuangan (simpan-pembiayaan) tetapi juga dalam hal pendampingan usaha, pengeloalaan keuangan dan sistem informasi, sehingga manajemen juga dibekali kecakapan tentang kewirausahaan, pendampingan, serta pemasaran digital.

 

Pendidikan CUDCC merupakan kependekan dari Credit Union Directors Competency Course. Pendidikan ini ditujukan untuk mempersiapkan anggota yang hendak menjadi pengurus dan diadakan oleh Puskopdit.

 

Bantuan
Scroll to Top